wf

Wireless charger adalah salah satu dari banyak fitur baru yang muncul pada smartphone terbaru, mulai dari Google Nexus 4 dan Samsung Galaxy S4 hingga Lumia 920 Nokia. Bahkan ada yang menambah kemampuan pengisian nirkabel untuk Apple iPhone 5.

Wireless charger lebih tepat disebut sebagai “pengisian induktif” karena menggunakan induksi magnetik. Penjelasan singkat adalah perangkat ini menggunakan magnet untuk mengirimkan energi. Arus yang berasal dari stop kontak dinding bergerak melalui kawat dalam charger nirkabel, menciptakan medan magnet. Medan magnet menciptakan arus listrik dalam kumparan di dalam perangkat elektronik. Kumparan ini terhubung ke baterai dan arus listrik mengisi baterai. Perangkat harus memiliki hardware yang sesuai untuk mendukung pengisian nirkabel-perangkat tanpa kumparan yang tidak dapat diisi secara nirkabel.

Perusahaan yang memproduksi wireless charger ini belum memiliki kesatuan standar. Standar itu harus dirancang untuk memastikan bahwa perangkat dan pengisi daya nirkabel dari perusahaan yang brbeda dapat bkrja sama. Ada tiga standar yaitu Qi, PMA (Power Matter Alliance) Powermate, dan A$WP (Alliance for Wireless Power).