Selama musim panas, matahari tidak terbenam di atas Lingkar Kutub Utara. Bahkan, fenomena ini, membantu kita untuk mendefinisikan apa yang disebut dengan Lingkar Arktik. Seperti garis khatulistiwa, Lingkar Arktik juga adalah garis imajiner. Didefinisikan sebagai lintang dimana matahari tidak terbenam pada titik balik matahari musim panas (biasanya sekitar 21 Juni). Periode sinar matahari konstan berlangsung sampai enam bulan dalam setahun di Kutub Utara. Hal ini sebaliknya juga berlaku untuk setengah tahun yang lain. Diatas lingkaran Kutub Utara, matahari tidak pernah terbit pada hari titik balik matahari musim dingin (biasanya sekitar 21 Desember). Bayangkanlah bagaimana jika kita tinggal di suatu tempat dimana selalu siang selama setengah tahun dan selalu malam unutk setengah tahun berikutnya?
a

Ada beberapa Negara dengan daerah didalam atau berbatasan dengan Lingkar Arktik. Banyak orang menyebut daerah ini dengan sebutan “Daerah Matahari Tengah Malam” karena di musim panas matahari sering terlihat lewat tengah malam. Beberapa daerah ini meliputi bagian –bagian paling utara dari Kanada, Greenland, Finlandia, Norwegia, Swedia, Rusia, Alaska dan Islandia.

Jika anda benar-benar mencintai matahari, anda mungkin ingin berlibur selama liburan musim panas ke Svalbard, dan Norwegia. Matahari tidak terbenam disana dari sekitar tanggal 19 April hingga 23 Agustus setiap tahun! 😀

Fenomena ini terjadi karena bumi sedikit miring pada porosnya sekitar 23,5 derajat. Ini berarti bahwa matahari hanya terbit dan terbenam sekali setiap tahun di daerah kutub-kutub bumi, baik utara maupun selatan.

Night with a midnight sun Norlcapp Margeroi island Norway Sky Sun Sea

Nordkapp, Margeroi Island, NorwaycTeshekpuk Lake, Alaska

Leave a Reply

Your email address will not be published.