Indonesia saat ini tengah disibukkan dengan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang baru saja diumumkan oleh pemerintah. Di sisi lain, tingkat penggunaan BBM masih sangat tinggi. Di negara seperti Inggris, pemerintah pun turut serta berusaha untuk mengurangi tingkat pemakaian BBM. Bahkan mereka baru saja meluncurkan bus ramah lingkungan pertamanya yang menggunakan bahan bakar dari kotoran manusia.1

Bus tersebut pun bakal berjalan dan melayani para penumpang yang ingin bepergian antara Bristol dengan Bath. Bus ini benar-benar sepenuhnya menggunakan bahan bakar dari bio metana yang dihasilkan dari pengolahan sampah serta kotoran manusia yang ada di Bristol. Dengan begitu, bus ini pun bisa mengurangi tingkat penggunaan BBM di wilayah setempat.

 

Tujuan dari pembuatan bus ramah lingkungan ini sendiri adalah untuk mengurangi tingkat polusi yang ada di pusat kota. Dengan menggunakan bahan bakar bio metana, bus ini memproduksi gas rumah kaca 30 persen lebih sedikit dibandingkan bus bermesin diesel. Kalau Anda khawatir dengan bau tak sedap yang ditimbulkan, tenang saja. Gas yang digunakan telah dimurnikan sehingga tak berbau.

Sayangnya, tingkat efisiensi bus ini masih perlu ditingkatkan. Dalam kondisi tangki penuh, bus bisa melaju hingga jarak 300 kilometer. Namun satu tangki penuh tersebut paling tidak membutuhkan kotoran lima orang dalam satu tahun penuh.

Tak Menggunakan BBM, Bus Ramah Lingkungan ini Menggunakan Bahan Bakar Kotoran Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published.