Sik asik info “Tips Lomba dari Rumah”

Wahh.. tidak terasa bahwa libur panjang sudah didepan mata nih sobat chemist. Ditambah dengan kondisi PSBB dan menurut new normal membuat kita semua harus tetap berada di rumah. Selama dirumah hal apa saja yang dilakukan oleh sobat chemist? Dari pada bosan gak jelas dirumah mending cari-cari info perlombaan. Menyibukkan diri dengan mengikuti hal positif membuat kegiatan harian lebih bermanfaat.

Akhir-akhir ini banyak beredar platfrom info lomba, baik menulis Esai, LKTI, bussines plan, menulis puisi dan lain sebagainya. Untuk menyiapkan hal itu, admin akan berbagi info dari seseorang yang berpengalaman mengenai ini. So, yuk disimak.

Berdasarkan pengalaman dari mas Faizal Muhammad Zubair dari Jurusan Kimia angkatan 2017, bahwa ketika berniat untuk mengikuti lomba, jadikan hal tersebut sebagi target, motivasi dan goals yang akan dicapai. Seperti yang kita banyak ketahui bahwa diperlombaan juga berfungsi sebagai media untuk menambah relasi, ilmu pengetahuan, dan pendalaman suatu gagasan atau ide baru secara tidak sadar, kerja sama, kekomapakan dan mengenal tim lebih dalam.

Dalam menggagas ide untuk membuat suatu gagasan tertulis biasanya diambil dari lingkungan sekitar lho sobat chemist. Tema yang sering diusung oleh panitia perlombaan  berupa problem atau permasalahan yang sedang trending baik nasional maupun dunia. Solusi dari pemikiran pemuda saat inilah yang kini menjadi sorotan publik. Dari pengalaman mas Zubair, mencari ide terlebih dahulu kemudian dicocokan dengan tema lomba yang banyak beredar itu lebih efektif. Dibandingkan jika mencari info lomba kemudian mencari ide hal tersebut akan memakan banyak waktu dari deadline yang sudah ditentukan. Nah sobat chemist jangan dilupa ya.

Sobat chemist juga pasti tahu, biasanya perlombaan itu diikutsertakan dengan adanya tim. Semuanya memiliki peranan penting dalam pembagian tugasnya. Mas Zubair kini berbagi mengenai tugas dan peranan kerja anggota tim. Beliau mengatakan bahwa “Menurut saya, ada beberapa sih pembagian dalam tim.

  1. Pembagian Dari Segi Kepenulian

Misal ada satu anggota yang dapat menyusun kata dengan baik dan satu lagi menulis kata yang diucapkan oleh temannya dan yang satu lagi mencari berbagai referensi terkait ide yang bersangkutan ( Ini untuk pembagian secara kepenulisan). Tetapi jauh dari ini, ide tetap di diskusikan bersama agar dapat dieksekusi dengan baik ketika berlomba. Semua anggota tim dan ketua tim harus bisa saling meng-handle tugas masing masing dan tugas antar anggotanya. Saling kerja sama dan mensinkronkan pemikiran antara tindakan dan pemikiran harus selaras antar anggota dalam suatu tim. Jika itu bisa dilakukan maka Kerja sama tim dapat dikatakan berhasil.

  1. Pembagian dari Segi persentasi

Kita tahu bahwa persentasi adalah sebuah kegiatan menyajikan/ menampilkan informasi /gagasan kepada orang lain dengan tujuan untuk meyakinkan orang lain terhadap pendapat tertentu. Dimana persentasi sendiri dalam suatu tim terbagi atas beberapa peran dalam suatu tim diantaranya ada yang sebagai operator, sebagai presenter dan maupun sebagai orang yang melakukan tanya jawab dengan juri.

Untuk presenter sendiri memiliki tugas :

Dalam suatu perlombaan presenter ini biasanya 2 orang maksimal untuk perlombaan sejenis PKM. Tetapi untuk lomba essay biasanya cukup 1 orang saja. Syarat dari seorang presenter adalah harus memiliki suara yang lantang, tinggi dan terdengar. Gaya tangan tidak melebihi bahu. Ekspresi harus diatur. Intonasi suara sangat penting. Ajak audiens berinteraksi. Tiap tim harus ada dresscode untuk menunjukkan kekompakan dihadapan juri. Penyampaian dengan kata baku. Skrip harus dihafal. Ada jargon diawal/ diakhir persentasi (ciri khas dari suatu tim).

Untuk Operator sendiri memiliki tugas :

Harus mengetahui letak dan posisi dari setiap kata yang diucapkan presenter dengan tampilan ppt. Fokus harus tinggi. Menyiapkan jawaban sementara dari hasil pertanyaan yang diprediksi tim sebagai latihan.

Untuk Bagian Tanya jawab sendiri memiliki tugas :

Menjawab pertanyaan secara logis dari juri. Ekspresi meyakinkan juri harus tinggi. Ucapkan salam dan terima kasih kepada audiens dan juri. Kontrol suara ketika lupa teks skrip.

  1. Pembagian dari Segi pembuatan alat atau produk penelitian.

Pembagian dilakukan sesuai bidang keahliannya dan sama rata. Kerja sama dalam tim sangat ditentukan ketika pembuatan alat ataupun produk penelitian. Menurut saya mencari tim terlebih dahulu baru memikirkan ide karena namanya tim , idenya juga harus dipikirkan dengan tim tersebut dan atas persetujuan dari tim yang bersangkutan. Tiap orang wajib menyumbangkan pendapatnya untuk mendiskusikan ide yang dilontarkan oleh masing masing anggota dalam suatu tim. Saling bertukar pendapat dapat meyakinkan kita ttg ide kita dan memperoleh hasil yang baik dan lancar.

Untuk alur lomba sendiri biasanya:

Pembuatan ide —>Pembuatan naskah berupa kepenulisan—> Pembuatan Alat/produk hasil karya—> Persentasi Karya dihadapan Juri—> Hasil.

Ada beberapa hal untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam suatu perlombaan. Pertama, dalam kepenulisan harus selalu berpacu pada buku pedoman yang disediakan oleh panitia lomba. Kedua, Membuat jadwal perlombaan sendiri tiap sesi perlombaan yang diikuti. Pastikan dapat membuat jadwal sendiri untuk membuat naskah kepenulisan, alat/produk karya, powerpoint, skrip persentasi¬† dan latihan persentasi jauh jauh hari sebelum hari H dimulai. Intinya latihan, latihan dan latihan. Kekompakan tim di uji dan melatih skill berbicara dan memperbanyak sumber referensi. Dosen berperan penting dalam hal ini. Ketika menemui kesulitan dalam pengerjaan karya ilmiah maka langsung temui dosen untuk memperoleh solusi. Dalam suatu karya ilmiah analisa harus selalu diperkuat dalam meyakinkan pembaca. Baik berupa analisa kuisioner secara sosial humaniora, analisa instrumen kimia, analisa uji kimia dan lainnya. Ketiga, Pembuatan ppt persentasi dilakukan sekreatif dan semenarik mungkin, jangan terlalu banyak tulisan, intinya saja yang ditampilkan dalam ppt, usahakan perbanyak animasi. Keempat, luangkan waktu untuk latihan presentasi dengan baik. Kelima, perbanyak doa dan semangat”.

 

“Pengalaman dalam berproses itulah reward yang paling utama, sedangkan keberhasilan atau kegagalan hanya tambahannya” – Faizal Muhammad Zubair.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.