Broadwell merupakan chip Intel generasi kelima pengganti Haswell. Kinerjanya lebih tinggi sementara konsumsi dayanya lebih rendah.chip

Setelah tak membahasnya selama beberapa bulan, Intel kemarin membuat keterangan kembali berkaitan dengan Broadwell. Chip generasi kelima pengganti Haswell tersebut akan membuat daya tahan baterai laptop dan tablet lebih lama.

Chip Broadwell, yang bakal dipasarkan dengan nama Core M, memiliki kinerja lebih tinggi daripada Haswell. Panas yang dihasilkannya pun juga lebih kecil sehingga dapat digunakan pada tablet tanpa fan dengan ketebalan kurang dari 9 milimeter. Menurut sumber dari Intel, Broadwell juga memiliki kinerja grafis lebih baik dengan menggunakan core grafis generasi mendatang.

Broadwell 50% lebih kecil dan 30% lebih tipis ketimbang chip Haswell. Chipyang lebih kecil membuat peranti yang menggunakannya lebih tipis dan daya listrik yang dipakai juga lebih efisien. Broadwell merupakan chip pertama yang dibuat menggunakan proses manufaktur 14-nanometer generasi pertama. Proses 14-nanometer tersebut menggunakan teknologi FinFET generasi kedua, dimana transistor ditumpuk dalam format 3D, mirip seperti kubus. Intel menumpuk lebih banyak transistor ketimbang sebelumnya, sehingga membantunya meningkatkan kinerja sementara mengurangi konsumsi daya listrik.

Tablet dan hybrid tablet-PC yang menggunakan chip Broadwell akan tersedia akhir tahun ini. Sementara itu untuk notebook dan desktop-nya akan mulai tersedia awal tahun depan.

http://www.infokomputer.com/2014/08/berita/berita-reguler/intel-unggulkan-chip-broadwell-untuk-tablet-tipis/

Leave a Reply

Your email address will not be published.